Minggu, 27 September 2009

Informasi Hotel Dan Penginapan

Informasi Hotel Dan Penginapan



No

Hotel/Penginapan

Alamat

Tarif (Per kamar)

1

Hotel PARAGON

Jl. Mayjen Sungkono no. 116, Surabaya, Telp. 031-5621234

± Rp. 500.000

2

Hotel EQUATOR

Jl. Pakis Argosari no. 48, Surabaya, Telp. 031-5687170

± Rp. 500.000

3

Hotel SANTIKA

Jl. Pandegiling no. 45, Surabaya, Telp. 031-566770

± Rp. 500.000

4

Hotel CENDANA

Jl. Kombes M.Duryat no. 6, Surabaya, Telp.031-5455670

± Rp. 400.000

5

Hotel BISANTA BIDAKARA

Jl. Tegalsari no. 85 Surabaya, Telp. 031-5457007

± Rp. 400.000


6

Hotel Oval

Jl. Diponegoro, Surabaya, Telp. 031-5619998

± Rp. 375.000


7

Hotel FORTUNA

Jl. Darmokali no. 26-27 Surabaya, Telp. 031 - 5631111

± Rp. 240.000

8

Hotel PREGOLAN

Jl. Pregolan Bundar no. 11 Surabaya, Telp. 031 - 5467982

± Rp. 200.000

9

Wisma Tamu DEPAG Jatim

Jl. Pregolan Bundar no. 6-8, Surabaya, Telp. 031 - 5466878

± Rp. 150.000

10

Wisma SEJAHTERA

Jl. Raya Ketintang Selatan no. 77, Surabaya Telp. 031 - 8280151

± Rp. 120.000

11

Penginapan REMAJA 2

Jl. Darmokali no. 35 Surabaya, Telp. 031 – 5670954, 5670964

± Rp. 120.000

11

Penginapan PU

Jl. Bukit Darmo Surabaya, Telp. 031 - 7319480

± Rp. 100.000


Kamis, 17 September 2009

SEMINAR INTERNASIONAL DALAM RANGKA KONGRES XI DAN KONVENSI NASIONAL XVI ABKIN

Tanggal 15-17 Nopember 2009

Tema

REVITALISASI BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Penyelenggara:

ASOSIASI BIMBINGAN DAN KONSELING INDONESIA

BEKERJASAMA DENGAN UNESA, UM dan UNIPA SURABAYA

Alamat Sekretariat:

Jurusan PPB, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Kampus Lidah Wetan Surabaya (60213), Telp 031-7532160 ext 110;

Fax: 031-7532112, email: prodi_bk_unesa@yahoo.com

Kampus Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya

Jl. Ngagel Dadi lll-B/37 Surabaya (60245), Telp 031-5041097, 5042804

Fax : 031-5042804. email: konvensiabkin@yahoo.com

Http:/kongresdankonvensiabkin.blogspot.com

A. Rasional

Sejak asosiasi profesi Bimbingan dan Konseling berdiri pada tanggai 17 Desember 1975 di Malang Jawa Timur dengan nama Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia (IPBI), yang kemudian berubah nama menjadi Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) berdasarkan Kongres IX di Lampung pada tahun 2001, telah memiliki agenda terstruktur berupa Konvensi Nasional dua tahunan dan Kongres setiap empat tahun.

Berbagai upaya telah dilakukan ABKIN terhadap pengembangan profesi Bimbingan dan Konseling Indonesia. Upaya tersebut antara lain rintisan Pendidikan Profesi Konsetor (PPK), pengembangan standar kompetensi konselor, penataan pendidikan prafesional konselor dan penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Jalur pendidikan formal, turut membidani lahirnya Permendiknas No. 27/2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor (SKA-KK). dan berbagai kegiatan lain untuk mengokohkan eksistensi dan pengakuan publik dan pemerintah atas profesi BK. Sejumlah kebijakan, baik yang berasal dari pemerintah maupun asosiasi profesi dan banyak garis pemikiran yang dikembangkan dan digulirkan terkait dengan profesi BK masih dipandang perlu ditegaskan dan diluruskan.

Spektrum ketenagaan yang masih menjadi persoalan dan berada pada kondisi diversifikasi yang kurang relevan perlu pengkajian terhadap kompetensi, pendidikan, pelatihan, sertifikasi dan lisensi yang seharusnya dimiliki oleh konselor prafesional. Penyelenggaraan layanan BK, terutama dalam jalur pendidikan formal perlu direvitalisasi dan diakreditasi seiring dengan penyiapan dan peningkatan mutu tenaga guru BK atau Konselor. Hal-hal terkait dengan pelayanan BK pada jalur pendidikan formal, nonformal, informal dan kebutuhan khusus perlu ditelaah dari perspektif pendidikan spiritual-keagamaan, sosio­kultural dan kesehatan.

Inovasi penyelenggaraan layanan BK perlu dilakukan dan diikuti oleh para penyelenggara BK, sehingga kemampuan akademik dan profesional masyarakat BK selalu termutakhirkan. Hal-hal yang menjadi pemikiran dalam proses pemutakhiran ini antara lain pembaharuan dan pengembangan konsep, model, teknotogi, etnografi serta praktik-praktik terbaik (best practices) yang terjadi di masyarakat.

B. Tujuan

Secara umum kegiatan Konvensi Nasional difokuskan kepada perumusan dan pengkajian revitalisasi BK untuk membantu mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional. Secara spesifik, tujuan konvensi adalah:

1. Mengkaji berbagai kebjjakan BK dalam sistem Pendidikan Nasional,

2. Mengkaji praksis BK dalam berbagai arena terapan,

3. Mengkaji profesionalisasi SDM BK.

4. Mengkaji inovasi BK.

Merumuskan deklarasi dan rekomendasi revitalisasi (kebijakan, konsep, implementasi, dan sumber daya BK).

C. Topik-topik Konvensi Nasional dan Workshop

1. Analisis kebijakan BK dalam sistem pendidikan nasional Deskripsi: mengkaji berbagai kebijakan baik yang ditetapkan pemerintah maupun organisasi profesi yang terkait dengan eksistensi dan penyelenggaraan BK serta ketenagaan daiam pendidikan nasional.

2. Praksis BK dalam jalur pendidikan

Deskripsi: mengkaji penyelenggaraan layanan BK dalam jalur pendidikan formal, non formal, informal dan kebutuhan khusus. Telaahan dilakukan dari berbagai perspektif seperti perspektif pendidikan, spiritual-keagamaan, sosio-kultural, dan kesehatan.

3. Profesionalisasi SDM BK

Deskripsi: mengkaji spektrum ketenagaan, kompetensi, pendidikan. pelatihan, akreditasi, sertifikasi, dan lisensi.

4. Inovasi Bimbingan dan Konseling

Deskripsi: mengkaji berbagai upaya pembaharuan dan pengembangan BK menyangkut konsep, model, teknologi, etnografi, dan praktik-praktik terbaik (best practices).

D. Bentuk Kegiatan

- Seminar International

- Workshop.

E. Pembicara

1. Menteri Pendidikan Nasional

2. Dirjen Mandikdasmen Depdiknas RI.

3. Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd

4. Prof. Drs. Furqon, M.A., M.Pd, Ph.D

5. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA

6. Prof. Dr. Soli Abimanyu, M.Sc

7. Dr. Max Gustaf Rundungan, M.Pd

8. Prof. Dr. Muhari

9. Prof. Dr. Rochman Natawidjaja

10. Prof. Dr. I Nyoman Dantes, M.Pd

11. Dr. Marthen Pali, M.Psi.

12. Prof. Dr. Mohammad Surya

13. Prof. Dr. Muri Yusuf, M.Pd

14. Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd

15. Prof. DR. See Ching Mey KBPA

16. Prof. Courtland C, Lee, Ph.D

F. Makalah

1. Panitia menerima makalah berbasis penelitian dan materi workshop yang akan diseleksi untuk disajikan pada sidang paralel dan kegiatan workshop.

2. Makalah ditulis dalam format artikel jurnal, abstrak maksimal 200 kata panjang naskah maksimal 20 halaman diketik 1,5 spasi dengan font times new roman 12.

3. Sistematika makalah judul, penulis, abstrak, kata-kata kunci. A. Latarbelakang, B. Tujuan, C. Metodologi, D. Hasil dan Pembahasan, E. Kesimpulan dan Rekomendasi.

4. Materi workshop berupa prosedur dan/atau produk inovatif dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling yang bisa dipraktikkan oleh peserta.

5. Pengiriman abstrak dan makalah lengkap serta materi workshop paling lambat tanggal 15 Oktober 2009 melalui e-mail konvensiabkin@yahoo.com.

6. Hasil seleksi diumumkan melalui http://www.abkin.org pada tanggal 22 Oktober 2009.

7. Untuk mempermudah komunikasi, cantumkan nomor HP bapak/ibu dan konfirmasi melalui SMS nomor: 081331420841 (Nursalim), 087851221949 (Sutijono) dan 085852012697 (Triyono).

G. Peserta

- Dosen

- Mahasiswa

- Guru

- Konselor

- Pemerhati

- Pengambil kebijakan

- Masyarakat umum


H. Waktu danTempat

Waktu : Hari Minggu - Selasa, tanggal 15-17 Nopember 2009

Tempat : Hotel Satelit Jl. Mayjen Sungkono 119 Surabaya

Jawa Timur 60225. Telp. (031) 5615877, Fax. 5660404

I. Biaya

Biaya konvensi sebesar Rp. 700.000, untuk umum dan Rp. 640.000, untuk anggota ABKIN. Biaya dapat ditransfer melalui:

- BNI Cabang Graha Pangeran Surabaya,

nomor rekening 0054468817 a/n Retno Tri Hariastuti.

- BCA Cabang Wiyung Surabaya,

nomor rekening 6720265026 a/n Retno Tri Hariastuti. Biaya tersebut hanya untuk pelaksanaan Konvensi Nasional XVI, tidak termasuk biaya penginapan, Daftar tarif penginapan/Hotel terlampir. Pemesanan penginapan langsung ke pihak hotel. Panitia tidak menerima biaya secara tunai.

J. Prosedur Pendaftaran

1. Peserta mendaftarkan diri dengan mentransfer biaya pendaftaran melalui rekening BNI atau BCA.

2. Mengirimkan formulir pendaftaran beserta foto Kopi bukti pembayaran ke sekretariat.

3. Bukti pembayaran asli diserahkan pada saat regristrasi untuk ditukar dengan kuitansi pembayaran.

K. Jadwal Kegiatan

Minggu, 15 Nopember 2009

12.00-13.30 Regristrasi

14.00-15.30 Seminar Paralel 1

15.30-17.00 Seminar Paralel 2

19.00-22.00 Pembukaan Konvensi

Presentasi Keynote speaker

Senin, 16 Nopember 2009

08.00 - 09.30 Seminar pleno sub tema 1

10.00 -11.30 Seminar pleno sub tema 2

11.30 -13.00 Seminar pleno sub tema 3

13.00 -14.00 Ishoma

14.00 -15.30 Seminar Pleno sub tema 4

16.00 -17.30 Seminar Paralel 3

17.30 -19.00 Ishoma

19.00 -21.30 Ramah tamah dengan Gubernur

Selasa, 17 Nopember 2009

08.00 -11.30 Seminar dan workshop

11.30-12.30 Penutupan

L. Contact Person:

Drs. Sutijono, MM (087851221594), Dr. Triyono, M.Pd

(085852012697) dan Drs. Moch Nursalim, M.Si (081331420841)

M. Kongres ABKIN

Kongres dan Konvensi Nasional ABKIN 2009 merupakan satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di Surabaya. Kongres XI ABKIN dilaksanakan pada tanggal 14 -15 Nopember 2009. Konvensi Nasional ABKIN XVI Dilaksanakan pada tanggal 15-17 Nopember 2009. Kongres XI ABKIN dihadiri oleh Semua Pengurus Besar. Pengurus Daerah masing-masing 5 orang; Pengurus Cabang 1 orang; Pengurus Devisi masing-masing 3 orang; Dewan Pembina; Dewan Pertimbangan Kode Etik, Dewan Akreditasi dan Lisensi. Peserta Kongres diwajibkan menunjukkan KTA ABKIN yang masih berlaku.


N. Paket Wisata

Panitia menyediakan paket wisata ke Jembatan Suramadu dan keliling Cagar Budaya Surabaya, Kegiatan ini dilaksanakan setelah acara konvensi berakhir. Biaya ditentukan kemudian.

FORMULIR PENDAFTARAN

KONVENSI NASIONAL XVI ABKIN

Tgl, 15-17 November 2009

Nama Lengkap : ......................................................

(sebutkan gelar akademik)

Jenis Kelamin : L/P (Lingkaari yang sesuai)

Lembaga : ......................................................

Alamat : ......................................................

: ......................................................

No. Telp : ......................................................

No. HP : ......................................................

e-mail : ......................................................

No. Angg. ABKIN : ......................................................

Alamat Rumah : ......................................................

Biaya ditransfer melalui (lingkari nomor yang sesuai):

(1) BCA norek 6720265026 a/n Retno Tri Hariastuti

(2) BNI norek 0054468817 a/n Retno Tri Hariastuti

Kirimkan isian formulir ini beserta kopi bukti pembayaran, dapat melalui:

1) e-mail

2) Fax

3) Pos

4) Datang ke sekretariat


Pendaftar


........................

Catatan

1. Panitia tidak menerima pendaftaran peserta setelah tanggal, 7 Nopember 2009.

2. Formulir bisa diperbanyak / dikopi.